Category Archives: Uncategorized

Install Google Play Store ke dalam BlackBerry 10

Baru baru ini aku beli BlackBerry Q5, tapi langkah langkah ini bisa ke semua BlackBerry 10.

Pelajari cara masang PlayStore di hape BlackBerry 10 seperti Z10, Z30, Z3, Q5, Q10, P9982, P9983, Passport, Classic, Leap, Priv, and more! Pengguna Blackberry mungkin udah melihat bahwa toko aplikasi BlackBerry World dikit banget isinya, tapi sekarang kamu bisa memasukkan Play Store ke ponsel BB10 Anda. Ikuti tutorial langkah-demi-langkah ini supaya kamu bisa menginstal aplikasi dari Google Play seperti Google apps, Instagram, Clash of Clans, atau Candy Crush.

Setelah Play Store terinstal ke BlackBerry, kamu bisa menginstal dan mengupdate aplikasi android di dalamnya.

Note : Langkah langkah ini bisa dilakukan tanpa komputer. Jika kamu mau membuka halaman ini di hape, alamat pendeknya adalah http://psbbid.u.rinaldo.id

Requirements

  • BB10 device dengan OS 10.3 atau lebih baru.
  1. Masuk ke Settings > App Manager > Installing Apps > dan hidupkanAllow Apps from Other Sources to be Installed

2. Download Google Play Services APK:

Click here to download.

3. Buka filenya, lalu instal.

4. Download Google Account Manager APK:

Click here to download. 

5. Buka filenya, lalu instal.

6. Buka Google Account Manager, lalu sign in ke akun Google mu.

7. Exit, lalu download BlackBerry Google ID APK:

Click here to download. 

8. Buka filenya, lalu klik Install.

9. Buka aplikasi Blackberry Google ID lalu klik Register this device

10. Keluar, lalu download Google Play Store APK:

Click Here to download. 

11. Baru instal aplikasi ini

Selesai deh! Sekarang, kamu bisa download aplikasi aplikasi yang ada di dalam Google Play Store. Mohon diperhatikan bahwa tidak semua aplikasi berjalan dengan baik. Misalnya, kamu ga bakal bisa pakai aplikasi yang menggunakan Google Services, misalnya Play Music, Chrome, atau bahkan Clash of Clans buat login. Tapi, bisa diselesaikan dengan Lucky Patcher.

Secara khusus, terimakasih kepada Cobalt232 dari CrackBerry forum yang menemukan cara ini.

Source

MikroTik Certified!

Rinaldo Jonathan telah berhasil menyelesaikan persyaratan pelatihan dan sertifikasi yang dibutuhkan, dan dengan ini diakui sebagai MikroTik bersertifikasi MTCNA.

Nomor sertifikat 1708NA8859, dikeluarkan 11 Agustus 2017, berlaku sampai dengan 3 tahun.

PDF sertifikat disini.

Jangan khawatir, aku tetap seorang musisi kok. Musisi, network engineer, programmer, dan pembuat onar :hammers

Source

Cara bayar uang kuliah Politeknik Caltex Riau lewat transfer Bank Syariah Mandiri

Posting ini aslinya ada di Facebook, tepat setahun yang lalu. Tepat kemarin, aku kehilangan data ini :(

Biar ga hilang lagi, aku repost disini aja ya. 

Mohon dicatat, info ini RESMI dan MASIH BISA DIGUNAKAN. Hanya saja, entah kenapa posting aslinya di web Politeknik Caltex Riau menghilang. Mungkin sejak dia memutuskan ganti web engine? Entahlah.

Berikut langkah langkahnya.

  1. Masuk ke ATM
  2. Pilih menu “ATM Bersama” (Kenapa? Karena selama ISO, kita harus bersama  :hammers )
  3. Nomor rekening : 4519009030(NIM kamu)
    contoh, NIM aku 1556401046, jadinya 45190090301556401046.
  4. Referensi dikosongkan
  5. Nominal : nominal setiap tagihan. Biasanya tagihan di web SIAK dipisah SPT dan Semester. JANGAN BAYAR SEKALI DUA, BAYAR SATU SATU! (karena saya belum coba sekali dua). Misalkan tagihan semester 5.5 juta, ya masukin segitu.
  6. ntar nama rekeningnya “politeknik caltex riau/(nama mahasiswa)”
  7. klik transfer
  8. simpan struk sebagai bukti transfer, walaupun sebenarnya gak perlu. karena di sistem udah langsung LUNAS.
  9. kalau kartu kamu Mandiri GOLD kebawah, pasti overlimit. ulangi langkah ini besoknya (atau transfer lewat internet banking / mobile banking) untuk bayar SPT.

Semoga bermanfaat.
Tolong itu rektorat dikosongin, stres aku lihat ngantri sepanjang itu. kasihan kakaknya.

Source

Catatan Etika Profesi Semester 4

Kebanyakan isi artikel dibawah hasil copy paste. Hak cipta kembali ke masing masing penulis aslinya, tapi udah susah banget buat dicari siapa yang nulis. Lagian aku mager juga.

Pengertian Cyber ethic :
– Suatu aturan tak tertulis yang dikenal dalam dunia IT, yang disepakati bersama untuk dipatuhi dalam interaksi antar pengguna

Alasan pentingnya etika dalam dunia maya
– Pengguna internet berasal dari berbagai negara dengan adat istiadat yang berbeda
– Pengguna internet adalah orang orang yang hidup dalam anonymous, yang mengharuskan pernyataan identitas dalam berkomnunikasi
– Bermacam fasilitas di internet memungkinkan seseorang untuk berlaku etis / tidak etis
– Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat yang memungkinkan masuknya penghuni baru

Alasan pentingnya etika bisnis
– Mempertaruhkan nama dan harga diri
– Menyangkut hubungan antar manusia, sehingga membutuhkan etika yang mampu menjadi pedoman
– Merupakan kegiatan yang mengutamakan rasa saling percaya, sehingga dibutuhkan untuk semakin menimbulkan rasa saling percaya

Prinsip dasar dalam etika bisnis
– Prinsip kejujuran
Kejujuran merupakan nilai yang paling mendasar dalam mendukung keberhasilan perusahaan. Kejujuran harus diarahkan pada semua pihak, baik internal maupun eksternal perusahaan.
– Prinsip tidak berniat jahat
Prinsip ini ada hubungan erat dengan prinsip kejujuran. Penerapan prinsip kejujuran yang ketat akan mampu meredam niat jahat perusahaan itu.
– Prinsip keadilan
Perusahaan harus bersikap adil kepada pihak-pihak yang terkait dengan sistem bisnis.
– Prinsip hormat pada diri sendiri
Perlunya menjaga citra baik perusahaan tersebut melalui prinsip kejujuran, tidak berniat jahat dan prinsip keadilan.
– Prinsip otonomi
Prinsip otonomi adalah sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadarannya tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan. Atau mengandung arti bahwa perusahaan secara bebas memiliki wewenang sesuai dengan bidang yang dilakukan dan pelaksanaannya dengan visi dan misi yang dimilikinya.

 

Sebutkan tantangan dalam bidang IT
– Tantangan inovasi
– Tantangan pasar dan pemasaran di era globalisasi
– Tantangan pergaulan internasional
– Tantangan pengembangan sikap dan tanggung jawab pribadi
– Tantangan sumber daya manusia

Kasus pelanggaran UU ITE di indonesia
– Florence, menghina masyarakat Yogyakarta di akun Path. Pasal 24 ayat 3 UU ITE mengancam siapapun yang mendistribusikan dokumen bermuatan penghinaan.
– Twitter @benhan, pencermaran nama baik anggota DPR M Misbakhun. Divonis 6 bulan penjara dengan masa percobaan 1 tahun. Melanggar UU ITE pasal 27 ayat 3. Pasal 27 Ayat 3 UU ITE melarang setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik. Jangkauan pasal ini jauh sampai dunia maya.
– Johan Yan, Surabaya, mengomentari berita dugaan penggelapan 4,7 triliun di Gereja Bethany Surabaya. Dikenakan UU nomor 11 tahun 2008.
– Musni Umar, pencemaran nama baik SMAN70 jakarta.
– Pamela Safitri, anggota Duo Serigala, IG nya dihack pihak tak bertanggung jawab.

Pengertian Cyber Crime
– Cyber crime adalah kejahatan yang memanfaatkan perkembangan teknologi komputer, khususnya internet.

Sebutkan UU hak cipta tentang program computer.
-Pasal-pasal Undang-undang No.19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta (UU Hak Cipta) yang berhubungan dengan hak cipta program-program komputer adalah:
–Pasal 12 ayat (1) huruf a, tentang ciptaan yang dilindungi termasuk program komputer;
–Pasal 12 ayat (1) huruf l, tentang ciptaan yang dilindungi termasuk database dan hasil pengalih wujudan;
–Pasal 15 huruf g, tentang pembuatan salinan cadangan program komputer;
–Pasal 30 ayat (1), tentang masa berlakunya suatu hak cipta atas program komputer;
–Pasal 72 ayat (3), tentang sanksi pidana pelanggaran hak cipta program komputer.

Sebutkan upaya mengatasi pelanggaran hak cipta
1.Membangun budaya masyarakat untuk menghargai hasil karya orang lain.
2.Alternatif lain untuk menggunakan program yang memiliki lisensi Open Source.
3.Dibuatnya undang-undang oleh pemerintah tentang hak cipta
4.Sangsi pidana yang memberatkan pelaku pelanggaran.
5.Melaporkan pelanggar Undang-Undang HKI ke pihak yang berwenang.

Sebutkan hal-hal yg diatur dalam UU ITE
* Tanda tangan elektronik memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan konvensional (tinta basah dan bermaterai). Sesuai dengan e-ASEAN Framework Guidelines (pengakuan tanda tangan digital lintas batas).
* Alat bukti elektronik diakui seperti alat bukti lainnya yang diatur dalam KUHP.
* UU ITE berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum, baik yang berada di wilayah Indonesia maupun di luar Indonesia yang memiliki akibat hukum di Indonesia.
* Pengaturan Nama domain dan Hak Kekayaan Intelektual.
* Perbuatan yang dilarang (cybercrime) dijelaskan pada Bab VII (pasal 27-37):
o Pasal 27 (Asusila, Perjudian, Penghinaan, Pemerasan)
o Pasal 28 (Berita Bohong dan Menyesatkan, Berita Kebencian dan Permusuhan)
o Pasal 29 (Ancaman Kekerasan dan Menakut-nakuti)
o Pasal 30 (Akses Komputer Pihak Lain Tanpa Izin, Cracking)
o Pasal 31 (Penyadapan, Perubahan, Penghilangan Informasi)
o Pasal 32 (Pemindahan, Perusakan dan Membuka Informasi Rahasia)
o Pasal 33 (Virus?, Membuat Sistem Tidak Bekerja (DOS?))
o Pasal 35 (Menjadikan Seolah Dokumen Otentik (phising?))

Jelaskan jenis licency perangkat computer
– Proprietary Software
adalah software berpemilik, sehingga seseorang harus meminta izin atau dapat dilarang untuk mengedarkan, menggunakan atau memodifikasi software tersebut.
– Commercial software
adalah software yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan dengan konsep bisnis, dibutuhkan proses pembelian atau sewa untuk bisa menggunakan software tersebut.
– Public Domain
adalah software yang tidak memiliki hak cipta.
– Freeware
adalah software yang diizinkan untuk digunakan atau disebarluaskan namun tidak memiliki izin untuk dimodifikasi.
– Shareware
adalah software yang diizinkan untuk didistribusikan salinannya, jika softwarenya digunakan terus menerus maka si pemilik software meminta bayaran untuk lisensinya.
– GNU General Public License (GNU/GPL)
adalah suatu kumpulan ketentuan pendistribusian software untuk meng-copyleft-kannya. GPL memberikan izin kepada pengguna software untuk menggunakan, memodifikasi dengan syarat memiliki lisensi yang sama.

 

Source

Temperature Sensor + Arduino

Posting ini dibuat cuma jadi catatan doang, karena kami ada tugas bikin kipas air + blower yang mati dan hidup sendiri dengan kondisi temperatur dan kelembapan. Tugas ini sendiri menentukan nilai ujian semester kami, jadi ya mau gak mau loh :hammers

Coding ini adalah untuk sensor suhu atau temperatur. Sensor yang dipakai adalah LM35.

Program diadaptasi dari blog ini. 

Rangkaian :

//#include 
 
//replace 0x3F with address you found at I2C scanner.
//LiquidCrystal_I2C lcd(0x3F, 16, 2);



int pin = 0; // analog pin
int tempc = 0,tempf=0; // temperature variables
int value = 0;
int maxi = -100,mini = 100; // to start max/min temperature
int i;

void setup()
{
 Serial.begin(9600); // start serial communication
 
 //16 is the width. 2 is the height.
 lcd.begin(16,2);
 lcd.init();
 
 // Turn on the backlight.
 lcd.backlight();
 
 // Move the cursor characters to the right and
 // zero characters down (line 1).
 lcd.setCursor(0, 0);
 
 // Print HELLO WORLD! to the screen, starting at 0,0.
 lcd.print("Temp Sensor");
 
 // Move the cursor to the next line and print
 // www.rinaldo.id.
 /*
 lcd.setCursor(0, 1); 
 lcd.print("www.rinaldo.id");
 */
 delay(1000);
}

void loop()
{
 //lcd.clear();
 
 value = ( 5.0 * analogRead(pin) * 100.0) / 1024.0;



tempc = value; // better precision
 tempf = (tempc * 9)/ 5 + 32; // converts to fahrenheit
 
 if(tempc > maxi) {maxi = tempc;} // set max temperature
 if(tempc < mini) {mini = tempc;} // set min temperature
 
 Serial.print(tempc,DEC);
 Serial.print(" Celsius, ");
 
 Serial.print(tempf,DEC);
 Serial.print(" fahrenheit ");
 Serial.print("\n");

/*
 lcd.setCursor(0,0);
 lcd.print(tempc);
 lcd.print(" o C");
 lcd.setCursor(0,1);
 lcd.print(tempf);
 lcd.print(" o F");
 */
 
 tempc = 0;

delay(1000); // delay before loop
 
}

Code ini memiliki comment yang bisa diadaptasi untuk penggunaan LCD, bukan serial report. Ya pintar pintarlah. Kamu ga bakal baca blog ini kalau gak pintar. :hammers

Demo :

Instagram Photo

Demo dikerjakan di Panties Pizza belakang Mal Pekanbaru. Makasih kak Ruth :*

Source

Download driver CH340G / CH341G

CH340G adalah USB to TTL yang digunakan dalam Arduino-clone board. Banyak sekali Arduino-arduino KW diluar sana yang tidak menggunakan ATmega16U2.

CH340G sendiri digunakan untuk membuat board berkomunikasi dengan microcontroller aslinya. ATmega16U2 juga tugasnya sama. Hanya saja, tugas ATmega16U2 ini bisa diubah dengan mengganti firmwarenya. ATmega16U2 bisa diprogram ulang supaya komputer mengenalinya jadi USB-HID (mouse, keyboard, dll), atau banyak lainnya.

Untungnya, kamu gak perlu driver ini kalau kamu pakai Linux. Harusnya. Tapi seandainya perlu, itu ada juga di bawah drivernya.

Download CH340G driver :

Driver ini digunakan di :

  • Arduino UNO clone with CH340G
  • Arduino MEGA clone with CH340G
  • Arduino Nano clone with CH340G
  • Wemos D1
  • Wemos D1 R2
  • Wemos D1 R3
  • Wemos D1 Mini
  • RobotDyn Arduino compatible MEGA2560+Wifi ESP8266
  • RobotDyn Arduino compatible Nano
  • RobotDyn Arduino Mega
  • RobotDyn Arduino Uno
  • … dan banyak lagi …

 

 

Note for BL / Tokopedia / Kaskus / [insert other online store here] : 
Kamu boleh ngelink ke halaman ini buat ngasih link download. Tapi PLEASE jangan ngelink langsung ke zip file diatas. Thanks.

Source

Tutorial cara menggunakan LCD 16×2 dengan I2C pada Arduino dan Wemos

Setelah sebelumnya kita membahas cara pasang driver dan alat alat tambahan untuk Wemos Uno di sini, kali ini kita akan bahas cara pasang LCD di Arduino dan Wemos.

Kelihatannya, libur lebaran ini bakal nulis tutorial semua.

Kamu perlu library LCD dari user marcoschwatz di GitHub.

Lalu kamu extract, copykan hasilnya ke :

C:\Program Files\Arduino\libraries

atau

C:\Program Files\Arduino\libraries

Hasilnya sebagai berikut.

Untuk mengkoneksikan I2C, bisa lihat gambar ini.


Arduino Mega

Wemos D1 Uno

Arduino Uno

Putih : SCL
Hitam : SDA
Merah : VCC
Abu-abu : GND

Untuk MEGA, SDA  dan SCL juga bisa dipakai di pin 20 dan 21.

Untuk Uno, SCL ada di A5 dan SDA ada di A4.

Untuk WeMos, bisa di SDA ada di D4 dan SCL ada di D5.

 

Tapi sebelum bisa ada tampilan diatas, kamu perlu cari dulu bus I2C kamu ada di mana. Punyaku ada di 0x3F, punyamu mungkin beda. Pakai program dibawah ini buat nyarinya.

Code from Arduino.cc

Setelah kamu upload, buka serial monitor.

lalu colokkan I2C kamu di port yang aku jelaskan diatas. Kalau benar, akan muncul seperti di gambar ini.

Catat kode 0x3F ini, lalu ubah di coding yang selanjutnya untuk mengaktifkan LCD.

Harusnya, apa yang muncul di LCD kamu sudah sama seperti gambarku diatas.

Sekian dulu tutorial hari ini.

Source

WeMos D1 R3 Wifi Arduino Uno Compatible – Instalasi Driver dan IDE

WeMos D1 adalah board IoT yang kompatibel dengan Arduino Uno … katanya. Aku beli ini dari Tokopedia seharga Rp 74.000 (kurang lebih US$ 6), dan kelihatannya cukup meyakinkan.


Kiri : Arduino Uno clone, Kanan : Wemos D1

Secara bentuk, hampir sama. Jumlah PIN nya juga sama. Bedanya cuma ini pakai USB micro, mirip sama kebanyakan android.

Tutorial ini akan membahas cara menyiapkan Wemos D1 di Arduino IDE, karena gak kayak Uno beneran, dia perlu setup tambahan.

Pertama, kamu download dulu Arduino IDE. Bisa download di web arduino langsung, atau mirror di web ini.

Setelah itu, instal driver CH340G. Websitenya bahasa china, jadi mungkin agak susah. Bisa download disana, atau lagi lagi aku ada mirror disini.

Saat diminta UAC, yes saja.

Pada halaman ini, klik install. 

Kalau sudah begini, berarti sudah selesai. Sekarang colokkan Wemos D1 nya, harusnya sudah bisa.

Sekarang buka Arduino IDE nya. Lalu klik File -> Preferences

Lalu masukkan link ini pada Additional Boards Manager URLs

http://arduino.esp8266.com/versions/2.3.0/package_esp8266com_index.json

Lalu klik OK. Setelah itu, masuk ke tools, Board, Boards manager.

Scroll ke paling bawah, baru pada esp8266, klik more info, lalu Install yang 2.3.0.

Setelah itu, klik Tools, Board, pilih Wemos D1 R2 & Mini.

Lalu setelah itu, pilih COM port yang mau digunakan. Biasanya karena komputer sekarang gak punya COM port, cuma ada satu disana, yaitu Wemos. Beda cerita kalau kamu colok banyak Arduino dan Wemos sekaligus.

Sekarang, coba upload code di Examples -> 01. Basics -> Blink. Lalu coba upload. Kalau berhasil, LED internal Wemos yang ada di dekat CPU nya bakal kedip kedip.

Saat uploading, memang agak lama. Sabar yah. Belajar sabar. Biasa jomblo lama aja bisa sabar, masa upload code lama aja ga bisa sabar? :hammers

Source

Cara mematikan Driver Signature Verification pada Windows 8 and 10

Versi 64 bit dari Windows 10 punya “Driver Signature Verification”. Artinya, mereka cuma mau masang driver yang ditandatangani oleh Microsoft. Untuk menginstal driver tidak resmi, atau driver lama, kamu harus matikan verifikasi ini.

Bahkan, dengan Windows 10’s Anniversary Update, pengamanannya semakin kuat. Tapi kamu bisa menghindarinya dengan mematikan secure boot terlebih dahulu.

Sebenarnya, Driver Signature Verification itu tujuannya baik.

Microsoft tidak bertujuan mempersulit hidupmu. Driver Signature Verification dipaksakan supaya hanya driver yang diijinkan oleh Microsoft yang jalan di komputermu. Jadi, gak ada virus atau malware yang bisa numpang jalan di kernel Windows.

Kamu bisa disable ini, tapi kamu harus hati hati pasang driver! Aku ataupun Microsoft gak bertanggung jawab kalau komputermu ngeheng, meledak, atau tiba tiba memancarkan termonuklir.

Cara pertama, bisa dengan lewat command prompt.

Windows punya “test mode” atau “test signing” untuk ngetes driver driver yang gak ditandatangani, sampai kamu mematikan test mode.

Untuk melakukannya, kamu bisa klik kanan di start, lalu buka Command Prompt (Admin)

Entah kenapa disini gak ada. Powershell Admin juga gak apa sih.

Setelah itu, ketikkan ini :

bcdedit /set testsigning on

Berhasil deh, tinggal restart. Setelah itu akan ada tulisan “Test Mode” di kanan bawah layar.

Kalau katanya “protected by Secure Boot policy”, berarti Secure Boot kamu masih hidup. Kamu harus matikan dari BIOS, tapi maaf gak ada tutorialnya disini :hammers Mungkin nanti aja kita tulis yah.

Untuk mematikan Test mode, kamu bisa ketikkan ini di cmd atau powershell :

bcdedit /set testsigning off

Setelah itu test mode tidak akan jalan lagi.

Cara kedua, kamu bisa pakai Disable Driver Signature Enforcement pada Advanced Boot.

Yang jadi masalah, kamu harus bikin ini setiap kali reboot. Dan sama sekali gak enak.

Caranya adalah sebagai berikut.

Klik start, lalu klik restart sambil menekan shift.

Pilih troubleshoot

Pilih advanced options

Lalu pilih “Startup Settings”

Lalu klik Restart

Setelah restart, tekan F7, disable driver signature enforcement.

Login seperti biasa, lalu pasanglah drivernya.

PC kamu akan boot seperti biasa, lalu kamu bisa pasang drivernya. Tapi setelah kamu reboot lagi, driver signature enforcement bakal hidup lagi.

Sumber : Howtogeek

Source